Pesona Alam

Loading...

Minggu, 07 April 2013

APPLICATION LAYER

Apa itu Application Layer?
Application layer berada pada ujung protocol stack TCP/IP. Aplication layer pada TCP/IP adalah kumpulan dari beberapa komponen software yang mengirim dan menerima informasi dari port TCP dan UDP. Beberapa komponen pada application layer hanya sebagai alat untuk pengumpul informasi konfigurasi network dan beberapa lainnya boleh jadi adalah sebuah user interface atau Application Program Interface (API) yang mendukung desktop operating environment.

Application Layer pada TCP/IP dan OSI
Seperti telah disebutkan pada bahasan Bagaimana TCP/IP Bekerja, TCP/IP secara resmi tidak berusaha menyesuaikan dengan model tujuh layer OSI. Application layer pada TCP/IP setara dengan application layer, presentation layer, dan session layer pada OSI.
    * Application layer: Application Layer pada OSI (jangan dibingungkan dengan kesamaan nama Application layer pada TCP/IP) memiliki komponen-komponen yang menyediakan servis-servis bagi aplikasi user dan juga memberikan support untuk mengakses network.
    * Presentation layer: Presentation layer merubah data menjadi format yang netral dan juga menangani enkripsi dan kompresi.
    * Session layer: Session layer mengatur komunikasi antar aplikasi dalam network. Layer ini menyediakan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan koneksi yang tidak disediakan pada transport layer seperti : recognition dan security.

Network Services
Beberapa komponen application layer berupa network services. Sudah kita ketahui bahwa satu layer dalam protokol sistem menyediakan servis-servis untuk layer yang lain. Dalam hal ini, servis-servis tersebut termasuk bagian yang terintegrasi dalam protokol sistem.

Beberapa fitur pada application layer termasuk antara lain :
    * File and print services
    * Name resolution services
    * Redirector services

File and Print Services
Server adalah komputer yang menyediakan servis-servis untuk komputer lain di dalam network. Misalnya file servers dan print servers.
Print server mengoperasikan printer dan memenuhi request-request untuk mengeprint dokumen pada printer tersebut. File server mengoperasikan sebuah perangkat penyimpanan data, misal hard drive, dan memenuhi request-request untuk membaca dan menulis data kedalam hard drive tersebut.

Name Resolution Services
Seperti yang sudah kita bahas dalam Apa itu TCP/IP?, name resolution adalah proses pemetaan IP address menjadi nama-nama alphanumeric. Domain Name Service (DNS) menyediakan layanan name resolution untuk Internet dan juga untuk jaringan-jaringan TCP/IP yang terisolasi. DNS menggunakan beberapa name server untuk meresolve queri-queri dari klien. Layanan ini berjalan pada application layer di komputer name server dan berkomunikasi dengan name server lain untuk bertukar informasi name resolution. Beberapa name resolution lain yang ada antara lain Network Information Service (NIS), name resolution NetBIOS,  dan sejumlah name service lain.

API dan Application Layer
Application Programming Interface (API) merupakan koleksi beberapa fungsi yang sudah terdefinisi yang digunakan oleh program/software untuk mengakses bagian-bagian dari operating system. Program/software juga menggunakan fungsi-fungsi API untuk berkomunikasi dengan operating system.
Socket API pada mulanya dikembangkan untuk operating sistem berbasis Unix BSD sebagai interface aplikasi untuk mengakses protocol stack TCP/IP. Kini socket digunakan secara luas pada operating system lain sebagai interface untuk mengakses TCP/IP.
TCP/IP Utilities

Hal-hal lain yang berada pada application layer adalah utility-utility TCP/IP. Utility-utility ini mulanya dikembangkan untuk Internet dan jaringan Unix. Kini utility-utility ini digunakan untuk mengkonfigurasi, memanage dan troubleshoot TCP/IP oleh hampir semua network yang ada saat ini.

    * Connectivity Utilities : IPConfig, Ping, Arp, Traceroute, Route, Netstat, NBTstat, Hostname.
    * File Transfer Utilities : ftp,tftp,Rcp
    * Remote Utilities : Telnet, Rexec, Rsh, Finger, etc.
    * Internet Utilities : Browsers, Newsreaders Email readers, Archie, Gopher, Whois.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar