Jumat, 21 Oktober 2011

KARIKATUR PAJAK







Membahas masalah pajak, kita semua pasti dikenakan pajak akan berbagai hal. Tiap bulan gaji setiap orang akan dipotong PPh Pasal 21. Bagi yang mempunyai kendaraan bermotor, tiap tahunnya membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Apabila kita menginap di hotel bahkan makan direstoran juga dikenakan PPn 10% dari biaya tersebut, dan pajak-pajak lainnya.

Slogan-slogan yang dibuat “orang bijak taat pajak”, “Hari gini gak bayar pajak apa kata dunia”. Akan tetapi uangnya bisa hilang masuk ke pundi oknum tersebut, jadi apa guna bayar pajak, yang katanya masuk ke kas negara malah masuk ke kantong penjahat seperti mereka. Banyak warga Indonesia yang sudah memasuki  taraf orang wajib pajak, tapi dalam kenyataannya kenapa masih banyak orang Indonesia enggan bayar pajak ?
  1.  Kurangnya pendidikan tentang pajak
  2. Banyaknya isu mengenai korupsi pajak. Banyaknya isu ini membuat para wajib pajak khawatir apakah pajak mereka akan tersalurkan dengan benar dan dipergunakan dengan benar sesuai peraturan yang ada atau malah mampir ke kantong para pegawai pajak.
  3. Malas dan Sombong

Untuk itu marilah kita sebagai masyarakat dan komponen bangsa mendukung upaya penegakan hukum yang dilakukan pemerintah, dengan mengawasi proses hukum setiap kasus, seperti dalam kasus mafia pajak Gayus Tambunan. Jangan sampai kasus mafia pajak, mafia hukum, korupsi, tidak jelas penyelesaiannya.

(Gambar diambil dari kartun Waspada.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar